5 Langkah Pemanfaatan

Langkah penggunaan untuk membantu UKM mendapat manfaat penuh.

 

Belakangan ini ramai dibicarakan mengenai UKM naik kelas. Banyak pihak yang mendorong UKM untuk Go Digital dengan cara berjualan online dan masuk ke marketplace. Tentunya ini merupakan hal yang baik.

Namun perubahan ini -kami sebut sebagai transformasi digital- akan tidak mudah begitu saja dilakukan oleh UKM. Belum lagi dengan banyaknya penyedia aplikasi dan layanan digital yang memfokuskan diri pada berbagai bidang, misalnya marketplace, akuntansi, POS, penggajian, dan lain-lain.

Memaklumi kesulitan UKM tersebut, kami membuat langkah-langkah transformasi digital bagi UKM yang dapat dilakukan secara bertahap sehingga penerapannya tidak menyulitkan. Langkah ini dapat juga digunakan untuk penerapan teknologi digital lainnya.

Namun transformasi digital dengan Punia Online akan lebih memudahkan karena Punia Online mempunyai karakteristik:

  • Modular - dapat digunakan secara parsial.
  • Fleksibel - dapat dimulai dari proses apapun.
  • Terintegrasi - modul saling terintegrasi.
  • Terpadu - mendukung keterlibatan komunitas dan pembina.

 

Tahap 1 Kenal Diri
Langkah 1: Kenali Diri
Pada langkah ini pelaku UKM perlu mengenal diri dan usahanya, misalnya jenis usahanya, legalitas yang diperlukan, mitra-mitra usahanya, sumber bahan baku, wilayah pemasaran, dan lain-lain. Informasi ini akan membentuk profil dasar UKM.
Tahap 2 Buat Daftar
Langkah 2: Membuat Daftar
Langkah selanjutnya adalah melakukan membuat daftar setiap data statis terkait usaha, misalnya daftar barang, daftar harga, daftar pelanggan, daftar pemasok, dan daftar karyawan. Daftar ini akan berguna dalam pencatatan transaksi pada tahap berikutnya.
Tahap 3 Catat Transaksi
Langkah 3: Mencatat Transaksi
Menggunakan daftar tadi, pada langkah ketiga lakukan pencatatan transaksi seperti transaksi pembelian, penjualan, penghitungan persediaan, penggajian karyawan, dan sebagainya. Pencatatan transaksi dilakukan bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pelaku UKM.
Tahap 4 Buat Laporan
Langkah 4: Membuat Laporan dan Analisa
Tahap ini adalah membuat laporan-laporan operasional dan keuangan sebagai hasil dari aktivitas pencatatan. Menggunakan laporan-laporan ini pelaku UKM dapat melakukan analisa usaha yang akan semakin mendukung perkembangan dan kemajuan usahanya.
Tahap 5 Proses Bisnis
Langkah 5: Menerapkan Proses Bisnis
Pada langkah terakhir seharusnya UKM sudah dapat menjalankan siklus operasional dan siklus keuangan dengan lebih terstruktur dan sistematis. Hal penting dalam penerapan proses bisnis adalah disiplin dan konsistensi dalam menjalankan dan mencatat.